Penggunaan Smartphone Sebagai Sumber Belajar Anak Pada Masa Covid-19 di Komplek Bulakindo Kota Banjarmasin

Authors

  • Rahmat Nur Universitas Lambung Mangkurat
  • Fatimah Azis |Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Yuli Apriati Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i2.17

Keywords:

sumber belajar, fungsi, respon, manfaat.

Abstract

Perkembangan teknologi handphone dapat dilihat dari terobosan handphone jenis baru yang lebih canggih yaitu smartphone. Zaman sekarang smartphone menjadi barang penting dalam kegiatan sehari-hari termasuk kegiatan pembelajaran. Informan sebagai sumber informasi dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penggalian data dilakukan dengan observasi, wawancara secara mendalam (in-depth interview) terhadap informan yang telah terpilih dan Catatan harian merupakan salah satu sumber  data yang penting di dalam penelitian yang  digunakan. Hasil penelitian akan dianalisis dengan analisis fenomenologi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) fungsi smartphone sebagai sumber belajar dimasa Pandemi covid 19 yaitu dapat berfungsi sebagai alat komunikasi untuk untuk proses pembelajaran, Membantu guru dan anak-anak  dalam mengajar dan mengerjakan atau menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru; (2) respon anak-anak  menyukai smartphone digunakan sebagai sumber belajar karena mudah untuk digunakan dan cepat untuk menemukan jawaban yang dicari; anak-anak  banyak mengajukan pertanyaan kepada guru karena anak-anak  bingung menemukan jawaban yang cocok dan bahasa yang sulit dipahami. Respon guru selalu mengawasi anak-anak  saat mengunakan smartphone untuk melakukan browsing di internet

References

Ali, Muhammad, 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Alisjahbana, Iskandar, 1980. Teknologi dan Perkembangan. Jakarta: Yayasan Idayu. Arsyad, Azhar, 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Association for Educational Communications and Technology (Assosiasi Teknologi Komunkasi Pendidikan)/AECT, 1977. The Definition of Educational Technology. Diterjemahkan dari bahasa Inggris oleh Sadiman, Arif S, et.al. Jakarta: Pusat Antar Universitas di Universitas Terbuka dan CV. Rajawali.

Basrowi dan Suwandi, 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta. Budiningsih, C Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bungin, Burhan, 2007. Penelitian Kualitatif komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu social lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

, 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gulo,W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hasibun, J.J dan Moedjiono, 1995. Proses Belajar Mengajar. Bandung

Nur, R. (2020a). INTEGRASI NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI WILAYAH SUL-SEL KOTA. 2(1), 187–201. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/padaringan.v2i1

Nur, R. (2020b). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Pada Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.20527/padaringan.v2i3

Rosdakarya Margono, S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta

Miarso, Yusufhadi, 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Moleong, Lexi J, 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Percival, Fred dan Henry Ellington, 1988. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar, 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Rakhmat, Jalaluddin, 1999. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana, 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sarwanto, Sarlito Wirawan, 1987. Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali.

Sadiman, Arief S, et.al, 2007. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman, 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Anak-anak nto, Victorianus Aries, 2012. Strategi dan Langkah-Langkah Penelitian, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Subagyo, Joko, 2004. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono, 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, Ariesto Hadi, 2012. Teknologi informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suyanto, Agus. 2004. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi pendidikan (Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik).

Jakarta: Rajawali Press.

Usman, Husaini dan Setiady Akbar Purnomo, 2003. Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Warsita, Bambang, 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Downloads

Published

2021-04-15

How to Cite

Nur, R., Azis, F., & Apriati, Y. (2021). Penggunaan Smartphone Sebagai Sumber Belajar Anak Pada Masa Covid-19 di Komplek Bulakindo Kota Banjarmasin. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i2.17

Issue

Section

Articles