Penerapan Perangkat Pembelajaran E-Modul Berbasis Flipbook Teori Komunikasi Terhadap Minat Belajar Mahasiswa

Yuniar Sakinah Waliulu, Citra Fathia Palembang

Abstract


Proses belajar mengajar berani telah dilakukan dalam kurun waktu dua tahun sejak pandemi. Kebijakan ini diambil oleh pemerintah sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19. Namun proses pembelajaran dari rumah dinilai kurang efektif, terlihat dari ketidakmampuan mahasiswa memahami materi yang dilakukan oleh dosen khususnya pada teori komunikasi dan validasi dengan menurunnya nilai akhir mahasiswa dalam dua tahun terakhir. Solusi dari permasalahan tersebut peneliti menerapkan metode pembelajaran dengan menggunakan perangkat tambahan yaitu e-modul berbasis flipbook yang dapat diakses menggunakan ponsel kita setiap saat, tidak hanya pada saat perkuliahan. E-modul yang dirancang tidak hanya berisi teks dan gambar, tetapi disertai dengan video pembelajaran,sehingga meningkatkan mahasiswa untuk meningkatkan minat belajar dan mendalami materi dari teori dasar mata kuliah komunikasi. Meningkatkan minat belajar mahasiswa dan memudahkan penyampaian materi yang lebih mudah dilihat dari hasil evaluasi melalui angket yang dibagikan kepada mahasiswa di akhir perkuliahan.


Keywords


E-Modul; Evaluation; Learning; Lectures; Pandemic

Full Text:

PDF

References


Akrim, et al. 2020. Covid-19 & KAMPUS MERDEKA DI ERA NEW NORMAL. 1st ed. edited by M. F. A. Rudianto, Muhammad Arifin, Muhammad Irfan Nasution, Winarti, Khairul Anam. Medan.

Ameriza, Inkha, and Nizwardi Jalinus. 2021. “Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital.” Jurnal Edutech Undiksha 9(2):181. doi: 10.23887/jeu.v9i2.38571.

Hamid Aisyah, Heffi Alberida. 2021. “Pentingnya Mengembangkan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook Di Sekolah Menengah Atas.” EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(3):911–18.

Herawati, Nita Sunarya, and Ali Muhtadi. 2018. “Pengembangan Modul Elektronik (e-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 5(2):180–91. doi: 10.21831/jitp.v5i2.15424.

Laili, Ismi, Ganefri, and Usmeldi. 2019. “Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 3:308.

Puspita*, Kana, Muhammad Nazar, Latifah Hanum, and Muhammad Reza. 2021. “Pengembangan E-Modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design.” Jurnal IPA & Pembelajaran IPA 5(2):151–61. doi: 10.24815/jipi.v5i2.20334.

Ricu Sidiq, and Najuah. 2020. “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar.” Jurnal Pendidikan Sejarah 9(1):1–14. doi: 10.21009/jps.091.01.

Sa’diyah, Kalimatus. 2021. “Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(4):1298–1308.

TANIA, LISA. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 5(2):1–9.

Winatha, Komang Redy. 2018. “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 15(2):188–99. doi: 10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021.




DOI: https://doi.org/10.47134/aksiologi.v2i2.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal Publisher




Publisher Office
Sidorejo, No 31A Kel. Ngestiharjo, Kec. Kasihan
Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182, Indonesia