Studi Fenomenologi: Pengalaman Guru dan Siswa SMA Seminari Petrus Van Diepen dalam Pembelajaran Online

Authors

  • Hendrik Ryan Renna Sekolah Tinggi Filsafat Teologi

DOI:

https://doi.org/10.47134/aksiologi.v2i2.72

Keywords:

Pengalaman, Pembelajaran, Online, Guru, Siswa

Abstract

Abstrak The Covid-19 pandemic is one of the goals of creating an online learning policy. Through phenomenological studies, researchers tried to research and analyze related to the online learning process carried out at the Petrus Van Diepen Seminary High School, Aimas-Sorong, West Papua Province. This research was conducted with the aim of seeing how effective the online learning process is and what are the obstacles faced and what media are used to support the smooth online learning process. The method used in this phenomenological study is using descriptive qualitative methods, by observing the phenomena that occur and analyzing them descriptively. The results of the research from this phenomenological study are the positive and negative influences that are presented in the online learning process at the Petrus Van Diepen Seminary High School during the Covid-19 pandemic. From these results the researchers found that online learning has two sides, namely positive and negative. If students are able to use technology only for online learning, it will have a positive impact and if technology is used for interests outside the online learning process, it will have a negative impact on students. And the level of understanding of the effectiveness presented during online learning does not have a significant impact on students' understanding and becomes an obstacle for teachers themselves because the learning process is carried out remotely. Abstract Pandemi Covid-19 menjadi salah satu tujuan terciptanya kebijakan pembelajaran online. Melalui Studi fenomenologi, peneliti mencoba meneliti dan menganalisis hal tersebut dengan proses pembelajaran online yang dilakukan di SMA Seminari Petrus Van Diepen, Aimas-Sorong Provinsi Papua Barat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat sejauh mana proses pembelajaran online yang diadakan serta apa saja yang menjadi kendala-kendala yang dihadapi serta media-media apa saja yang digunakan sebagai pendukung mendukung proses pembelajaran online. Metode yang dipakai dalam studi fenomenologi ini yakni menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan mengamati fenomena yang terjadi serta dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dari studi fenomenologi ini adalah adanya pengaruh positif dan negatif yang dihadirkan dalam proses pembelajaran online di SMA Seminari Petrus Van Diepen selama pandemi Covid-19. Dari hasil peneliti menemukan bahwa pembelajaran online memiliki dua sisi yaitu positif dan negatif. Jika siswa mampu menggunakan teknologi hanya untuk pembelajaran online maka akan berdampak positif dan apabila teknologi yang digunakan untuk kepentingan proses pembelajaran online maka akan berdampak negatif bagi siswa. Serta tingkat pemahaman keefektivan yang dihadirkan selama pembelajaran online pun memberikan dampak yang signifikan bagi pemahaman para siswa dan menjadi kendala bagi para guru tersendiri karena proses pembelajaran yang dilaksanakan jauh.

Author Biography

Hendrik Ryan Renna, Sekolah Tinggi Filsafat Teologi

Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana

References

Asmuni, Asmuni. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy 7 (4): 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Belawati. 2019. Pembelajaran Online.

Erizal Barnawi & Roveneldo. 2020. Covid19 & Disrupsi. Pusaka Media. Vol. 1.

Fajar Junaedi, Taufiqur Rahman dkk. 2020. Dinamika Komunitas di Masa Pandemi Covid-19. Yogyakarta: Buku Litera.

I Ketut Sudarsana, Ni Gusti Ayu Made Yeni Lestari dkk. 2020. Covid-19 Perspektif Pendidikan. Denpasar: Yayasan Kita Menulis.

Praptono M.Ed. 2020. Pendidikan pada masa wabah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Raihan. 2019. “Metodologi Penelitian.” Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99.

Sadarman. 2020. “Guru Tangguh di Tema Pandemi” 1: 7–8.

Saleh, Meylan. 2020. “Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Hardiknas 1: 51–56. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8.

Sukiastini, I Gusti A. Ngurah Kade. 2020. “Dunia Pendidikan Di Wilayah Papua Sebelum dan Setelah Terdampak Covid-19” 21 (1): 1–9.

Yudhira, Ahmad. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19:” Value 2 (1): 1–10. https://doi.org/10.36490/value.v2i1.177.

Downloads

Published

2022-04-07

How to Cite

Renna, H. R. (2022). Studi Fenomenologi: Pengalaman Guru dan Siswa SMA Seminari Petrus Van Diepen dalam Pembelajaran Online. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 58–65. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v2i2.72

Issue

Section

Articles