Dinamika Interaksi Dalam Media Sosial (Studi Media Pembelajaran di SMA Negeri 4 Selayar)
DOI:
https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i2.260Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial dalam proses pembelajaran siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Selayar. Jenisspenelitian ini merupakan penelitian deskripitf kualitatif artinya data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, bukan berupa angka-angka dengan jumlah responden 15 siswa kelas XI. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan beberapa metode diantaranya yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada proses observasi peneliti mengamati secara langsung yaitu dengan melihat proses dialektika media social dalam hal ini guru dan siswa SMA Negeri 4 Kepulauan Selayar, seperti melihat kegiatan pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Kemudian proses wawancara peneliti melakulan secara lisan dan tertulis terhadap informan dan proses dokumentasi dituangkan dalam bentuk buku, arsip, dokumen dan gambar yang berupa laporan yang menggambarkan keadaan atau situasi siswa SMA Negeri 4 Kepulauan Selayar. Proses analisis data yang dilakukan penelitian ini menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data (Data Reduction), Penyajian Data (Display Data), Penarikan Kesimpulan (Conclusing Drawing Verivication). Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan di SMA Negeri 4 Selayar dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial memiliki dampak yang singifikan dalam kehidupan siswa. Interaksi dalam media sosial dapat mempengaruhi cara siswa berkomunikasi, berperilaku dan belajar.Downloads
Published
2024-10-06
How to Cite
Rijaluddin, R., Kaharuddin, & Ismail, L. (2024). Dinamika Interaksi Dalam Media Sosial (Studi Media Pembelajaran di SMA Negeri 4 Selayar). Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(2). https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i2.260
Issue
Section
Articles