Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kademangan

Authors

  • Moch. Rio Pambudi Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.47134/aksiologi.v3i1.119

Keywords:

Group Investigation, Motivasi Belajar, Model Pembelajaran

Abstract

Siswa kelas XI IPS 3 hingga SMA Negeri 1 Kademangan diketahui memiliki motivasi belajar yang rendah. Masalah rendahnya hasil belajar didasarkan pada observasi langsung. Pengamatan menunjukkan bahwa siswa dari semua kelas kurang tertarik untuk belajar geografi. Kurangnya semangat siswa tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dengan menerapkan model pembelajaran GI pada siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Kademangan. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penerapan model pembelajaran 2 siklus. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 yang terdiri dari 27 siswa. Penelitian ini menggunakan alat bantu berupa angket motivasi belajar yang terdiri atas 25 item untuk mengukur motivasi. Menganalisis hasil belajar dengan membandingkan nilai tindakan sebelumnya dengan yang terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran (GI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kademangan. Hasil penerapan model pembelajaran GI menunjukkan bahwa nilai rata-rata motivasi belajar pra tindakan adalah 52,59 pada pasca tindakan, nilai rata-rata meningkat menjadi 57,00. Peningkatan motivasi belajar dari pra tindakan ke pasca tindakan adalah 8,39%.

References

Anjani, K.D., Facthan, A.. & Amirudin, A. 2016.Pengaruh Pembelajaran Berbasis Turnamen Dan Games Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan 1(9), 1787-1790. Dari http://journal.um.ac.id/i-ndex.php/-jptpp/article/view/6812.

Hedyanti, W.N., Sudarmiatin, Utaya, S,. 2016. Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Belajar IPS Melalui Motivasi Belajar (Studi Pada Siswa Kelas Iv, V, Vi Gugus 2 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang). Jurnal Pendidikan 1(5). 865—873. Dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp-/article/view/6289.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.

Iswardhan, Nunik., & Djukri. 2015. Pengaruh Penggunaan Limbah Tapioka Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan 1(1), 149-159. Dari https://journal.uny.ac.id/-index.php/cp/article/view/4185.

Mardikaningtyas, D.A., Ibrohim,. & Suarsini, E. 2016. Pengembangan Pembelajaran Pencemaran Lingkungan Berbasis Penelitian Fitoremediasi Untuk Menunjang Keterampilan Ilmiah, Sikap Peduli Lingkungan Dan Motivasi Mahasiswa Pada Matakuliah Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan. Jurnal Pendidikan 1(3), 499-506. Dari http://journal.um.ac.id/-index.php/jptpp-/article/view/6179.

Mite, Y., Corebima, A.D., & Syamsuri, I. 2016. Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa SMA Katolik Santa Maria Malang Berbasis Skor Terkoreksi Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Pembelajaran Group Investigation (GI) Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan 1(5), 822-827. Dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/-view/6262.

Pebruanti, L., & Munadi, S. 2015. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Modul Di SMKN 2 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Vokasi 5(3). 365-376. Dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/6490.

Perwitasari, V.R.S., Sumarmi, & Amirudin, A. 2016. Pengaruh Group Investigation Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa. Jurnal Pendidikan 1(3), 87-93. Dari http://journal.um.ac.id-/index.php/jptpp-/article/view/6107.

Wijayanti, A.P., Sumarmi, & Amirudin, A. 2016. Perbandingan Model Group Investigation Dengan Problem Based Learning Berbasis Multiple Intelligence Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan 1(5), 948-957. Dari http://journal.um.ac.id/-index.php/jptpp/article/view/6326.

Wijiningtyas, I., Fatchan, A., & Ruja, I.N. 2016. Proses Dan Bentuk Motivasi Belajar Geografi SMA Unggulan Kota Malang (Perspektif Etnometodologi). Jurnal Pendidikan 1(2), 106ˉ 115. Dari http://journal-.um.ac.id/index.php/jptpp/-article/view/-6103.

Wulandari, V.C.P., Al-Muhdhar, M.H.I., & Suhadi. 2016. Pembelajaran Role Playing Dipadu Group Investigation Berbantuan Komik Program KRPL Sebagai Upaya Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dan Sikap Sosial. Jurnal Pendidikan 1(6), 1191ˉ 1195. Dari http://journal.um.ac.id/-index.php/jptpp/article/view/6473.

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Pambudi, M. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kademangan. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 15–23. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v3i1.119

Issue

Section

Articles