Pembelajaran IPS Berbasis Tematik Sebagai Upaya Pembaharuan IPS di Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Nawir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Dian Suparti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurhasanah Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i1.225

Abstract

Pendekatan pembelajaran tematik dalam ilmu-ilmu sosial sering disebutdengan pendekatan interdisipliner.Model pembelajaran tematik pada hakikatnyaadalah suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa secara aktif men-cari, mengeksplorasi, dan menemukan konsep dan prinsip secara holistik danotentik, baik secara individu maupun kelompok. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)merupakan integrasi dari berbagai bidang ilmu sosial seperti sosiologi, sejarah,geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya. Ilmu-ilmu sosial dirumuskanberdasarkan realitas dan fenomena sosial serta mewujudkan pendekatan in-terdisipliner dari aspek dan disiplin ilmu sosial (sosiologi, sejarah, geografi,ekonomi, politik, hukum, budaya). Ilmu pengetahuan sosial atau ilmu sosialmerupakan bagian dari kurikulum sekolah dan berasal dari disiplin ilmu so-sial seperti sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik, antropologi, fil-safat, dan psikologi sosial. Sejalan dengan konsep tersebut, pembelajaran te-matik pada IPS merupakan model pembelajaran yang pengembangannya di-awali dengan penetapan suatu topik tertentu sebagai tema atau tema sentral,yaitu subtopik dari bidang pembelajaran lain yang terkait

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Muhammad Nawir, Dian Suparti, & Nurhasanah. (2024). Pembelajaran IPS Berbasis Tematik Sebagai Upaya Pembaharuan IPS di Sekolah Dasar. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(1). https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i1.225

Issue

Section

Articles