Pengaruh Media Canva Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Galangan Kapal IV

Authors

  • A. Nur Afiat Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Lukman Ismail Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ulfayani Hakim Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i1.232

Abstract

Penggunaan teknologi dalam pendidikan telah menjadi fokus utama dalam mengembangkan proses pembelajaran. Salah satu teknologi yang menarik perhatian adalah media Canva, yang menawarkan berbagai fitur untuk meningkatkan kreativitas dan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media Canva terhadap hasil belajar IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) pada siswa kelas IV di SD Inpres Galangan Kapal IV, Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Canva secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam IPS. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran juga menunjukkan partisipasi yang aktif, dengan kehadiran dan keterlibatan siswa dalam menjawab pertanyaan dan mengerjakan soal. Kesimpulannya, penggunaan media Canva memiliki dampak positif terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di SD Inpres Galangan Kapal IV, Makassar.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Afiat, A. N., Lukman Ismail, & Ulfayani Hakim. (2024). Pengaruh Media Canva Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Galangan Kapal IV . Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(1). https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i1.232

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)