Pemanfaatan Media Ajar Interaktif Berbasis Digital dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i2.270Abstract
Penggunaan media yang interaktif dapat menumbuhkan semangat peserta didik dalam belajar karena pembelajaran menjadi tidak hanya terpusat pada guru. Perkembangan teknologi informasi semakin pesat menuju era Society 5.0 yang berbasis digital, begitu juga dengan media pembelajaran. Dengan media pembelajaran yang interaktif dan berbasis digital memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi karena bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Media ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait penggunaan media pembelajaran interaktif yang berbasis digital dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dan mengkaji artikel terkait media pembelajaran digital dan kemampuan berfikir kritis peserta didik yang dipublikasi pada tahun 2019-2023. Berdasarkan hasil review yang dilakukan secara sistematik terhadap beberapa studi yang telah terpublikasi dapat disimpulkan bahwa berbagai macam media interaktif digital digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan yaitu media digital berupa video, flipbook, komik digital, e-book, Augmented Reality (AR) dan permainan digital yang interaktif karena melalui media tersebut siswa memiliki motivasi belajar dan rasa ingin tahu yang tinggi tentang materi pembelajaran.Downloads
Published
2024-10-12
How to Cite
Hamidah Abdul Shomad Elfin Nikmati. (2024). Pemanfaatan Media Ajar Interaktif Berbasis Digital dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Peserta Didik. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(2). https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i2.270
Issue
Section
Articles