Efektifitas Peran Guru dalam pendidikan Inklusi Sekolah Dasar Papua
DOI:
https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i2.259Abstract
Penelitian ini mengevaluasi efektivitas peran guru dalam pendidikan inklusif di sekolah dasar di Papua, Indonesia. Sistem pendidikan di Papua menghadapi tantangan besar dalam menyediakan kesempatan yang setara bagi semua siswa, khususnya penyandang disabilitas. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan pendekatan metode campuran, melibatkan 200 siswa dan 10 guru dari dua sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui observasi guru, survei siswa, dan wawancara guru, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam motivasi belajar, keterlibatan siswa, prestasi akademik, keterampilan sosial, dan sikap terhadap inklusi setelah intervensi guru. Analisis korelasi mengungkap hubungan positif yang kuat antara peran guru dan hasil belajar siswa, dengan nilai korelasi berkisar antara 0.607 hingga 0.642, semua signifikan secara statistik (p < 0.05). Penelitian ini mengisi kesenjangan literatur tentang pendidikan inklusif di Papua dan menekankan pentingnya pelatihan serta dukungan berkelanjutan bagi guru. Hasil penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan kebijakan pendidikan inklusif di Papua dan menunjukkan bahwa peran guru yang efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.Downloads
Published
2024-10-06
How to Cite
Suherman, S., Kristiono, A., Minsih, M., & Widyasari, C. (2024). Efektifitas Peran Guru dalam pendidikan Inklusi Sekolah Dasar Papua. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(2). https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i2.259
Issue
Section
Articles