Implementasi Bantuan Sosial Tunai Bagi Masyarakat Yang Terdampak Pandemi Covid-19

Mohamad Noor, Satria Budi, Dwiza Riana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan penyaluran program bantuan sosial tunai bagi masyarakat yang terdampak COVID-19 melalui PT Pos Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis terhadap tingkat kepuasan dan harapan dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program bantuan sosial tunai yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia. Jumlah sampel yang terdapat pada penelitian ini yaitu sebanyak 2.131 responden yang tersebar di 69 Kabupaten/Kota atau sekitar 21 Provinsi yang telah berpartisipasi dalam kuisioner yang telah dibuat, dari hasil analisis data yang sudah dikumpulkan didapatkan hasil bahwa  masih terdapat kesenjangan yang terjadi antara kinerja yang dihasilkan dengan harapan yang seharusnya diperoleh penerima manfaat, seperti: 1) PT Pos Indonesia memiliki peralatan yang canggih dalam melayani KPM (Q4 = -0,12), 2) Pegawai PT  Pos Indonesia tidak memperhatikan dengan baik dalam melayani KPM (Q8 = -0,34), 3) Pegawai PT  Pos Indonesia tidak perduli terhadap KPM (Q14 = -0,41), 4) Pegawai PT  Pos Indonesia sangat lambat dalam melayani KPM (Q19 = -0,38) serta 5) KPM merasa kesulitan dalam mengambil bantuan di Kantor Pos (Q23 = -0,41). Kesimpulan dari kegiatan ini bahwa secara umum program penyaluran bantuan sosial tunai bagi masyarakat yang terdampak COVID-19 melalui PT Pos Indonesia sudah cukup baik, efektif dan efisien serta sangat potensial dalam memberdayakan keluarga penerima manfaat secara berkelanjutan, namun masih ada hal-hal yang harus diperbaiki seperti: pelayanan pegawai PT Pos Indonesia kepada para keluarga penerima manfaat harus lebih ditingkatkan serta kewajiban dari PT Pos Indonesia sendiri yang seharusnya mengirimkan dana bantuan tersebut kepada KPM itu sendiri (jasa antar).


Keywords


program bantuan sosial tunai, analisis kinerja, pandemi COVID-19

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis (Revisi). Rineka Cipta.

Brown, S. W., & Swartz, T. A. (1989). A Gap Analysis of Professional Service Quality. Journal of Marketing, 53(2), 92. https://doi.org/10.2307/1251416

Hilmi, E. B. (2015). Studi Pada Pelanggan Hotel Atria, Kota Malang.

Johns Hopkins University. (2021). COVID-19 Dashboard by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University (JHU). Johns Hopkins University. https://coronavirus.jhu.edu/map.html

Li, Q., Guan, X., Wu, P., Wang, X., Zhou, L., Tong, Y., Ren, R., Leung, K. S. M., Lau, E. H. Y., Wong, J. Y., Xing, X., Xiang, N., Wu, Y., Li, C., Chen, Q., Li, D., Liu, T., Zhao, J., Liu, M., … Feng, Z. (2020). Early Transmission Dynamics in Wuhan, China, of Novel Coronavirus–Infected Pneumonia. New England Journal of Medicine, 382(13), 1199–1207. https://doi.org/10.1056/nejmoa2001316

Martilla, J., & James, J. (1977). Importance-Performance Analysis: An easily applied technique for measuring attribute importance and performance can further the development of effective marketing programs. In Journal of Marketing (Vol. 41, Issue 1, pp. 77–79).

Oh, H. (2001). Revisiting importance – performance analysis. Tourism Management, 22(September 2000), 617–627.

Rahmansyah, W., Qadri, R. A., Sakti, R. R. A., & Ikhsan, S. (2020). Pemetaan Permasalahan Penyaluran Bantuan Sosial Untuk Penanganan COVID-19 Di Indonesia. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara, 1(4), 159–166.

Risnandar, & Broto, A. W. (2018). Implementasi Program Bantuan Sosial Non Tunai Di Indonesia. Sosio Konsepsia, 7(03), 146–161. https://doi.org/10.33007/ska.v7i3.1422

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (2021). Peta Sebaran COVID-19 Di Indonesia. Satuan Tugas Penanganan COVID-19. https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19

Scale, T. M. (2013). LIKERT ( The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale ). 2(2), 127–133.

Triana, D., & Oktavianto, W. O. (2013). Relevansi Kualifikasi Kontraktor Bidang Teknik Sipil Terhadap Kualitas Pekerjaan Proyek Konstruksi Di Provinsi Banten. Jurnal Fondasi, 1(1), 182–190.




DOI: https://doi.org/10.47134/aksiologi.v2i2.68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal Publisher




Publisher Office
Sidorejo, No 31A Kel. Ngestiharjo, Kec. Kasihan
Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182, Indonesia