Strategi dalam Mempersiapkan Peserta Didik untuk Masa Depan yang Berkelanjutan Tinjauan Literatur yang Komprehensif

Authors

  • Agus Yasin Universitas Darussalam Gontor
  • Fajriman Fajriman Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i2.221

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi strategi pendidikan efektif untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi masa depan berkelanjutan, fokus pada pengembangan keterampilan, nilai-nilai, dan sikap yang diperlukan. Metode literatur digunakan untuk menganalisis sumber-sumber tertulis seperti buku, jurnal, artikel, dan laporan penelitian, dengan data dianalisis secara kualitatif melalui analisis tematik. Hasil penelitian mencakup strategi penting seperti pembelajaran transformatif, keterampilan abad ke-21, nilai dan sikap yang mendukung keberlanjutan, pembelajaran berbasis proyek, teknologi digital, serta keterlibatan pemangku kepentingan. Faktor penting lainnya meliputi kolaborasi internasional, pertimbangan konteks lokal dan budaya, evaluasi berkelanjutan, pendidikan inklusif, integrasi lintas disiplin ilmu, dan pengembangan kapasitas pendidik. Penelitian ini mendorong adopsi strategi holistik dan terintegrasi dalam sistem pendidikan untuk menghadapi tantangan masa depan yang berkelanjutan, dengan kunci keberhasilan termasuk kolaborasi antar-pemangku kepentingan, investasi sumber daya, dan pembentukan kurikulum yang inklusif terhadap keberlanjutan.

Downloads

Published

2024-10-06

How to Cite

Yasin, A., & Fajriman, F. (2024). Strategi dalam Mempersiapkan Peserta Didik untuk Masa Depan yang Berkelanjutan Tinjauan Literatur yang Komprehensif. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(2). https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i2.221

Issue

Section

Articles