Menanggulangi Ekstremisme melalui Pendidikan Agama: Strategi untuk Mendorong Moderasi di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i1.210Abstract
Meningkatnya ancaman ekstremisme keagamaan menjadi perhatian global yang mengharuskan upaya pencegahan dan penanganan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki strategi pendidikan agama dalam menanggulangi ekstremisme dan mendorong moderasi di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode literatur dengan menganalisis data dari berbagai sumber tertulis seperti jurnal, buku, laporan, dan dokumen terkait. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pendidikan agama yang moderat dan inklusif memiliki peran penting dalam mencegah penyebaran ekstremisme di kalangan pelajar. Strategi kunci meliputi pengembangan kurikulum yang menekankan penghargaan terhadap keragaman dan keterampilan berpikir kritis, pelatihan guru yang memadai, serta kolaborasi antara sekolah, orangtua, dan masyarakat. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya dukungan kebijakan pemerintah dan penanganan tantangan seperti keterbatasan sumber daya serta resistensi dari kelompok tertentu. Dengan pendekatan holistik dan kolaboratif, pendidikan agama moderat dapat menjadi instrumen efektif dalam menanggulangi ekstremisme dan mempromosikan toleransi di kalangan pelajar.Downloads
Published
2024-04-18
How to Cite
Budiman, A., Al-afghani, M. T., & Sansayto, M. A. (2024). Menanggulangi Ekstremisme melalui Pendidikan Agama: Strategi untuk Mendorong Moderasi di Sekolah. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(2). https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i1.210
Issue
Section
Articles