Penggunaan Smartphone Sebagai Sumber Belajar Anak Pada Masa Covid-19 di Komplek Bulakindo Kota Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i2.17Keywords:
sumber belajar, fungsi, respon, manfaat.Abstract
Perkembangan teknologi handphone dapat dilihat dari terobosan handphone jenis baru yang lebih canggih yaitu smartphone. Zaman sekarang smartphone menjadi barang penting dalam kegiatan sehari-hari termasuk kegiatan pembelajaran. Informan sebagai sumber informasi dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penggalian data dilakukan dengan observasi, wawancara secara mendalam (in-depth interview) terhadap informan yang telah terpilih dan Catatan harian merupakan salah satu sumber data yang penting di dalam penelitian yang digunakan. Hasil penelitian akan dianalisis dengan analisis fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) fungsi smartphone sebagai sumber belajar dimasa Pandemi covid 19 yaitu dapat berfungsi sebagai alat komunikasi untuk untuk proses pembelajaran, Membantu guru dan anak-anak dalam mengajar dan mengerjakan atau menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru; (2) respon anak-anak menyukai smartphone digunakan sebagai sumber belajar karena mudah untuk digunakan dan cepat untuk menemukan jawaban yang dicari; anak-anak banyak mengajukan pertanyaan kepada guru karena anak-anak bingung menemukan jawaban yang cocok dan bahasa yang sulit dipahami. Respon guru selalu mengawasi anak-anak saat mengunakan smartphone untuk melakukan browsing di internetReferences
Ali, Muhammad, 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Alisjahbana, Iskandar, 1980. Teknologi dan Perkembangan. Jakarta: Yayasan Idayu. Arsyad, Azhar, 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Association for Educational Communications and Technology (Assosiasi Teknologi Komunkasi Pendidikan)/AECT, 1977. The Definition of Educational Technology. Diterjemahkan dari bahasa Inggris oleh Sadiman, Arif S, et.al. Jakarta: Pusat Antar Universitas di Universitas Terbuka dan CV. Rajawali.
Basrowi dan Suwandi, 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta. Budiningsih, C Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bungin, Burhan, 2007. Penelitian Kualitatif komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu social lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
, 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gulo,W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hasibun, J.J dan Moedjiono, 1995. Proses Belajar Mengajar. Bandung
Nur, R. (2020a). INTEGRASI NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI WILAYAH SUL-SEL KOTA. 2(1), 187–201. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/padaringan.v2i1
Nur, R. (2020b). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Pada Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.20527/padaringan.v2i3
Rosdakarya Margono, S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta
Miarso, Yusufhadi, 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Moleong, Lexi J, 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Percival, Fred dan Henry Ellington, 1988. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar, 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Rakhmat, Jalaluddin, 1999. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana, 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sarwanto, Sarlito Wirawan, 1987. Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali.
Sadiman, Arief S, et.al, 2007. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman, 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anak-anak nto, Victorianus Aries, 2012. Strategi dan Langkah-Langkah Penelitian, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Subagyo, Joko, 2004. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono, 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sutopo, Ariesto Hadi, 2012. Teknologi informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suyanto, Agus. 2004. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi pendidikan (Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik).
Jakarta: Rajawali Press.
Usman, Husaini dan Setiady Akbar Purnomo, 2003. Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Warsita, Bambang, 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.