Pengaruh Kemampuan Manajemen Konflik, Kontrol Stres Kerja Dan Self-Efficacy Pada Kinerja Guru

Authors

  • Sabriana Oktaviani Gintulangi Fakultas Administrasi dan Ilmu Sosial, Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • I Kadek Satria Arsana Fakultas Administrasi dan Ilmu Sosial Universitas Bina Taruna Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.47134/aksiologi.v2i1.67

Abstract

ABSTRACT The implementation of this study aims to 1) To know the positive direct influence of conflict management ability on teacher work achievement in SMPN as Pinolosian, 2) To know the positive direct influence of work stress control on teacher work achievement, 3) To know the direct positive influence of self-efficacy on teacher's work performance, 4) To know the positive direct influence of conflict management ability on teacher self-efficacy, 5) To know the positive direct influence of stress control on teacher self-efficacy. This research method uses a quantitative approach, with data collection techniques are questionnaires and documentation. As well as data analysis using descriptive and inferential. The results of this study showed that 1) there is a positive direct influence of Conflict Management Ability on teacher work performance 2) there is a positive direct influence of work stress control on teacher work performance 3) there is a positive direct influence of self-efficacy on teacher work performance, 4) there is a positive direct influence of conflict management ability on teacher self-efficacy, 5) there is a positive direct influence of stress control on teacher self-efficacy. Keywords: Ability to Manage Conflict, Work Stress Control, Self Efficacy, Work Achievement ABSTRAKPelaksanaan penelitian ini bertujuan kepada 1) Untuk mengetahui pengaruh langsung positif dari Kemampuan Manajemen Konflik terhadap prestasi kerja guru di SMPN sekecamatan pinolosian, 2) Untuk mengetahui pengaruh langsung positif dari pengendalian stres kerja terhadap prestasi kerja guru, 3) Untuk mengetahui pengaruh positif langsung dari self efficacy terhadap kinerja kerja guru, 4) Untuk mengetahui pengaruh langsung positif dari kemampuan manajemen konflik pada self efficacy guru, 5) Untuk mengetahui pengaruh langsung positif dari kontrol stres pada self efficacy guru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data adalah kuesioner, dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh langsung positif dari kemampuan manajemen konflik pada kinerja kerja guru 2) ada pengaruh langsung positif dari pengendalian stres kerja pada kinerja kerja guru 3) ada pengaruh langsung positif dari self efficacy pada kinerja kerja guru, 4) ada pengaruh langsung positif dari kemampuan manajemen konflik pada self efficacy guru , 5) ada pengaruh langsung positif dari kontrol stres pada self efficacy guru. Kata Kunci: Kemampuan Mengelola Konflik, Kontrol Stres Kerja, Self Efficacy, Pencapaian Kerja

References

Caraka, R. E., & Sugiarto, S. (2017). Path analysis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 212–219. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.10910

Ismail, A., Yao, A., & Yunus, N. K. Y. (2009). Relationship Between Occupational Stress and Job Satisfaction: An Empirical Study in Malaysia. Romanian Economic Journal, 12(34). http://www.rejournal.eu/sites/rejournal.versatech.ro/files/articole/2009-04-01/2134/ismailazmanetall.pdf

Lasulika, F. (2019). Pengaruh Pengendalian Konflik, Budaya Sekolah, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Di kecamatan Suwawa. Thesis, 1(750715020). https://publikasi.pascasarjana.ung.ac.id/public/storage/ta/2019/11/21/ARTIKEL_FIRDA_LASULIKA.pdf

Nur, S. (2013). Konflik, stres kerja dan kepuasan kerja pengaruhnya terhadap kinerja pegawai pada Universitas Khairun Ternate. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3). https://doi.org/10.35794/emba.v1i3.2238

Robbins, S. . (2003). Perilaku Organisasi, Konsep dan Aplikasi. Gramedia.

Sarwono, J. (2011). Mengenal path analysis: sejarah, pengertian dan aplikasi. Ilmiah Manajemen Bisnis. https://media.neliti.com/media/publications/98454-ID-mengenal-path-analysis-sejarah-pengertia.pdf

Schunk, D. H., & Mullen, C. A. (2012). Self-efficacy as an engaged learner. In Handbook of research on student engagement (pp. 219–235). Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-2018-7_10

Sutrisno, E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group.

Wahyudi, & Akdon. (2005). Manajemen Konflik Dalam Organisasi. Alfabeta.

Wahyudi, D. (2015). Manajemen Konflik Dan Stres Dalam Organisasi. Alfabeta.

Downloads

Published

2021-10-13

How to Cite

Gintulangi, S. O., & Arsana, I. K. S. (2021). Pengaruh Kemampuan Manajemen Konflik, Kontrol Stres Kerja Dan Self-Efficacy Pada Kinerja Guru. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 40–46. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v2i1.67

Issue

Section

Articles