Edukasi Berdimensi Ketuhanan dan Kemanusiaan Pada Anak Usia Dini di Kampung Sumanna

Authors

  • Abdul Rahman Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i1.205

Abstract

Doktrin Islam menyatakan bahwa setiap umat manusia harus menjaga hubungan kepada Allah dan   hubungan kepada sesama manusia. Doktrin tersebut harus ditanamkan kepada setiap Muslim, mulai dari sejak dini. Artikel ini hendak mengungkap tentang upaya masyarakat di Kampung Sumanna dalam melakukan proses edukasi terhadap anak usia duni yang memiliki dimensi ketuhanan dan kemanusiaan. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif. Data primer diperoleh melalui kegiatan pengamatan dan wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya memberikan pendidikan yang      berdimensi ketuhanan dan kemanusiaan di Kampung Sumanna, selain dilakukan oleh orangtua, juga dilakukan oleh penyelenggara Taman Pendidikan al-Quran (TPA). Peranan TPA sangat penting dalam proses edukasi anak usia dini karena dilingkungan ini anak-anak diberi pembelajaran yang berkaitan dengan ibadah ritual maupun tata cara melakukan interaksi sosial. Pembelajaran yang berkaitan dengan dimensi Ketuhanan antara lain belajar mengaji, menghafal surah-surah pendek, belajar berdoa, mengenalkan hadis nabi, dan praktek shalat. Adapun yang berdimensi kemanusiaan antara lain menghormati orang lain, menolong sesama, dan mencintai kebersihan

Downloads

Published

2024-04-18

How to Cite

Abdul Rahman. (2024). Edukasi Berdimensi Ketuhanan dan Kemanusiaan Pada Anak Usia Dini di Kampung Sumanna. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(1). https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i1.205

Issue

Section

Articles