Strategi Komunikasi Persuasif Farah Qoonita Dalam Menyampaikan Dakwah Melalui New Media

Authors

  • Siti Aisyah Hajar universitas teknologi sumbawa
  • Muhammad Syukron Anshori Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i2.12

Abstract

Globalisasi dan perkembangan teknologi telah mengubah manusia menjadi lebih dinamis terhadap pola interaksi dan komunikasi, salah satunya seperti new media atau media digital untuk kepentingan transaksi informasi. Segala bentuk informasi dapat diakses melalui new media seperti blog, website, youtube dan media sosial (Siti,2017). Farah Qoonita menggunakan strategi komunikasi persuasif yaitu (The Psychodynamic strategy, The Sociocultural Strategy, dan The Meaning Construction Strategy). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif Farah Qoonita dalam menyampaikan dakwah melalui new media dengan menggunakan teori strategi komunikasi persuasif Melvin L. Defleur dan Sandra J. Ball-Rokeach. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan serta uji kesimpulan. Hasil penelitian ini terdapat teori yang relevan dan mendukung rumusan masalah yang diteliti. Kesimpulan dari analisis strategi komunikasi persuasif Farah Qoonita dalam menyampaikan dakwah melalui new media sangat efektif yaitu desain grafis, bahasa yang digunakan dan posisi.

References

(DeFleur, M. L., & Ball-Rekeach, S. (2003) . Theories Of Mass Communication ., n.d.)

Effendy, O. U. (2017). ilmu,dan teori filsafat komunikasi. Citra Aditya Bakti.

DeFleur, M. L., & Ball-Rekeach, S. (2003) . Theories Of Mass Communication .

Effendy, O. U. (2017). ilmu,dan teori filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Flew, T. (2008). New Media : An Introduction. South Melbourne: Oxford University Press.

Harahap, H. S., & Kurniawati, D. I. (2018). Whatsapp Sebagai Media Strategi

Huberman, M. d. (1992). Analisis Data Kualitatif . Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Komunikasi ustadzah Dalam Menyampaikan Dakwah (Studi Deskriptif Kualitatif Komunitas “Belajar Islam Seru”). DiMCC Conference Proceeding, .

Marlena. (2013). Strategi Komunikasi Persuasif Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI)dalam penanggulangan HIV-Aids Di Kalangan Remaja Samarinda. Ilmu komunikasi .

Maulana, H., & Gumelar, G. (2013). Psikologi Komunikasi dan Persuasi . jakarta: Akademia Permata.

Megawati, W. P. (2018). Strategi Komunikasi Persuasif Komunitas Rumah Belajar Ceria Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Kampung Sungai Padedo.

Morrison. (2014). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia ,Group.

Munir, S. (2013). Ilmu Dakwah. Jakarta.

Nida, F. L. (2014). Persuasi Dalam Media Komunikasi Massa. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam .

Nasrullah, R. (2016). Teori dan Riset Meia Siber . Jakarta : Prenada Media Grup.

Perloff, R. M. (2003). The Dynamic of persuassion : Communication and Attitudes. New Jersey: Lawrance Erlbaun Associates Publisher.

Puspita, Y. (2015). Pemanfaatan New Media dalam Memudahkan Komunikasi dan Transaksi Pelacur Gay. Jurnal Pekomma .

Qoonit, F. (2020, desember 1). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam menyampaikan dakwah melalui new media.

Qoonit, F. (2020, desember 2). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Menyampaikan Dakwah Melalui New Media.

Rahmat, J. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ritonga, M. (2019). Komunikasi Dakwah Zaman Milenial. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan ISSN: 2621-9492 .

Sakhinah, S. (2018). Strategi Komunikasi Persuasif Pengurus Komunitas Terang Jakarta Dalam Mengajak Anak Muda Berhijrah Melalui New Media.

Sakinah, S. (2019). Persuasive Strategic Communication: Tabligh in Komunitas. Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, 23 (1), 2019, 22-39 .

Sholihat, I. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Pengurus Gerakan Pemuda Hijrah Dalam Berdakwah.

Slamet. (2009). Efektifitas Komunikasi. Jurnal Dakwah .

Soemirat, S. S. (2007). Komunikasi Persuasif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suriani, J. (2017). Komunikasi Dakwah Di Era Cyber. Jurnal Pemikiran Islam .

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Research dan Development . Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2021-04-15

How to Cite

Hajar, S. A., & Anshori, M. S. (2021). Strategi Komunikasi Persuasif Farah Qoonita Dalam Menyampaikan Dakwah Melalui New Media. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 62–66. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i2.12

Issue

Section

Articles